header-int

KEMERDEKAAN HANYA BISA DIRAIH MELALUI PENDIDIKAN

Jumat, 18 Agu 2017, 15:01:24 WIB - 204 View
Share
KEMERDEKAAN HANYA BISA DIRAIH MELALUI PENDIDIKAN

Dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 tahun ini, segenap civitas akademika STIKES Wira Husada Yogyakarta mengadakan upacara pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih di halaman utama kampus pada hari Kamis (17 Agustus 2017). Acara ini dihadiri oleh seluruh elemen Civitas Akademika seperti para dosen, karyawan, mahasiswa dan jajaran pimpinan STIKES Wira Husada Yogyakarta. Upacara pengibaran bendera ini dipimpin oleh Andereas Yulius Kondo mahasiswa semester 2 dari Sumba Barat Daya, sedangkan mandat Pembina Upacara oleh Dr. Drs. Ning Rintiswati, M.Kes. selaku Ketua STIKES Wira Husada Yogyakarta.

Dalam pidatonya, Ketua STIKES Wira Husada Yogyakarta menyampaikan pesan sebagaimana yang juga disampaikan oleh Menteri Riset dan Teknologi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Kepada civitas akademika STIKES Wira Husada Yogyakarta, beliau mengingatkan kembali bahwa perjuangan kemerdekaan RI tidak terlepas dari jerih payah para pahlawan dan para pemimpin yang notabene adalah kaum terpelajar, yang mencurahkan segenap kemampuan yang mereka miliki, baik harta, intelektualitas, bahkan nyawa untuk meraih kemerdekaan ini.

Kemerdekaan sebagai rahmat yang tak ternilai harganya dari Allah Yang Maha Kuasa, tidak hanya merdeka dengan mengusir penjajah, tetapi yang lebih utama adalah melanjutkan perjuangan para pahlawan dan pendiri bangsa dalam mencapai  tujuan kemerdekaan yang sesungguhnya, yang harus diisi oleh kita sekarang ini untuk mewujudkan sebuah negara yang berdaulat, mandiri, berkepribadian, dan terbebas dari segala bentuk penjajahan-penjajahan baru yang masih mengancam bangsa kita di bidang-bidang seperti ekonomi, keamanan dan kerukunan, dan tak luput pula adalah ancaman penjajahan di bidang kesehatan.

Beliau juga menyampaikan pesan bahwa perjuangan kemerdekaan pada masa lalu dipimpin oleh anak-anak muda terdidik yang mempersembahkan segala daya upaya yang mereka miliki, yang pada masa itu mereka berhasil mengangkat kesadaran rakyat akan pentingnya harga diri sebagai bangsa, dan mengangkat kesadaran akan pentingnya persatuan dalam mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan kehidupan berbangsa yang kaya dengan perbedaan suku, budaya, bahasa dan agama sehingga menjadi bangsa yang kuat dan sejajar dengan negara-negara lain di dunia, sehingga masalah-masalah yang terkait dengan SARA harus dihindari.

Tak pelak lagi, faktor pendidikan menjadi kontribusi utama dalam meraih kemerdekaan pada masa lalu maupun dalam mengisi kemerdekaan di masa sekarang ini.  Dalam peringatan HUT RI Ke-72 ini, Ketua STIKES Wira Husada Yogyakarta mengajak seluruh civitas akademika untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berpartisipasi aktif dalam memberikan sumbangan pemikiran intelektual sesuai dengan bidang keahliannya, terlebih untuk para mahasiswa yang kelak akan menjadi kalangan profesional dan calon pemimpin bangsa ini sebagaimana para pemimpin-pemimpin besar di masa lalu.

Dalam upacara pengibaran bendera ini, peserta diajak untuk menyanyikan lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Padamu Negeri dan Berkibarlah Benderaku. Usai upacara, dilanjutkan dengan ramah tamah dengan seluruh civitas akademika STIKES Wira Husada Yogyakarta. (Skd).

 

STIKES STIKES WIRA HUSADA YOGYAKARTA adalah Sekolah Tinggi Kesehatan yang pertama berdiri di kota Yogyakarta dan kami berkomitmen memberikan pelayanan pendidikan terbaik yang melahirkan lulusan yang professional dan berkarakter di bidang kesehatan. Semua Program Studi telah terakreditas B dari LAMPT-Kes.
© 2017 STIKES Wira Husada Yogyakarta STIKES Wira Husada Yogyakarta : Facebook Twitter Linked Youtube